Penerapan Group Investigation berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Gumawang 02 Pecalungan Batang.


Tutut Mahardhika,, 1402907112 (2012) Penerapan Group Investigation berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Gumawang 02 Pecalungan Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Group Investigation berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Gumawang 02 Pecalungan Batang.]
Preview
PDF (Penerapan Group Investigation berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Gumawang 02 Pecalungan Batang.) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD N Gumawang 02 masih menggunakan metode pembelajaran klasikal yang terpusat pada guru (teacher centered). Keadaan ini membuat kualitas pembelajaran menjadi rendah dengan ketuntasan belajar klasikal 21%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran koopertif tipe Group Investigation berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru kelas V, aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gumawang 02 Pecalungan Batang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru kelas V, aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran koopertif tipe Group Investigation berbasis Mind Mapping di kelas V SD N Gumawang 02 Pecalungan Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Gumawang 02 yang berjumlah 14. Variabel yang diselidiki adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam pembelajaran siklus I diperoleh persentase 68% pada kategori cukup, siklus II diperoleh persentase 78% pada kategori baik dan siklus III diperoleh persentase 90% kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase 54% kategori kurang, siklus II diperoleh persentase 65% kategori cukup dan siklus III menjadi 86% pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 64 dengan ketuntasan belajar 50%, pada siklus II diperoleh rata-rata 74 dengan ketuntasan belajar klasikal 85% dan pada siklus III mendapatkan nilai rata-rata 84 dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertif tipe Group Investigation berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri Gumawang 02 Pecalungan Batang. Lebih lanjut disarankan bahwa penerapkan model pembelajaran koopertif tipe group investigation dapat dijadikan pilihan yang baik pada setiap pembelajaran, untuk meningkatkan daya ingat siswa sebaiknya guru memberikan catatan kepada siswa menggunakan teknik mind mapping

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, group investigation, mind mapping.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 07:29
Last Modified: 24 Aug 2012 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item