Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang


Hasan Triyakfi,, 1402408287 (2012) Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang] Microsoft Word (Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Gajahmungkur 02 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran membaca di kelas V. Proses pembelajaran membaca berjalan kurang efektif. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam kegiatan membaca pemahaman saat pembelajaran masih kurang optimal. Siswa dalam melakukan kegiatan membaca bahan bacaan belum melalui langkah-langkah yang sistematis. Siswa juga terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca karena guru belum meggunakan media pembelajaran yang menarik dan tepat. Pembelajaran yang demikian menyebabkan kegiatan pembelajaran membaca pemahaman tidak efektif sehingga hasil belajar siswa rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan metode SQ3R dengan media gambar slide yang diterapkan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Gajahmungkur 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca pemahaman, aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman, dan keterampilan membaca pemahaman siswa yang ditunjukkan dari ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada masing-masing pertemuan pada tiap siklusnya. Ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75% telah terpenuhi sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode SQ3R dengan media gambar slide dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca pemahaman di kelas V Sekolah Dasar. Saran bagi guru adalah metode SQ3R dengan media gambar slide dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca pemahaman, SQ3R, media gambar slide
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 07:14
Last Modified: 24 Aug 2012 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item