Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Teams Games Tournament Berbasis ICT pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 Semarang
Silvia Dyah Puspita Sari, 1402408251 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Teams Games Tournament Berbasis ICT pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Teams Games Tournament Berbasis ICT pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 Semarang)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengarahkan siswa agar mampu mengenal konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan. Hasil observasi di kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 menunjukkan bahwa guru masih mendominasi menjelaskan materi IPS, kurangnya penggunaan media, aktivitas siswa hanya mendengarkan di tempat duduk, siswa merasa jenuh dan beralih untuk bermain, hasil belajar dari 22 siswa belum mencapai KKM yaitu 62. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model Teams Games Tournament berbasis ICT. Rumusan masalah dari penelitian adalah apakah melalui model Teams Games Tournament berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Teams Games Tournament berbasis ICT. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 37 siswa kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 Semarang yaitu sebanyak 16 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan teknik non tes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament berbasis ICT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 19 (kategori cukup), siklus II memperoleh skor 24 (kategori baik), siklus III memperoleh skor 29 (kategori sangat baik). Jumlah skor rata-rata aktivitas siswa siklus I mendapatkan 14,95 (kategori cukup), siklus II mendapatkan 19,22 (kategori baik), dan siklus III mendapatkan 21,35 (kategori sangat baik). Ketuntasan klasikal siswa siklus I sebesar 59,46%, siklus II sebesar 72,97%, dan siklus III sebesar 83,78%. Simpulan dari penelitian yaitu dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02. Saran yang disampaikan adalah sebaiknya guru menerapkan model inovatif dalam pembelajaran IPS seperti halnya model Teams Games Tournament berbasis ICT sehingga dapat menumbuhkan tanggungjawab siswa, dan sekolah perlu menyediakan fasilitas untuk pengembangan pendidikan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran IPS, model Teams Games Tournament berbasis ICT |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Aug 2012 07:12 |
Last Modified: | 24 Aug 2012 07:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14189 |
Actions (login required)
View Item |