Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Tradisi Berbahasa Jawa Melalui Video Audio Visual Siswa Kelas IV SD Tambakaji 01 Semarang.


Dian Fatmasari, , 1402408248 (2012) Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Tradisi Berbahasa Jawa Melalui Video Audio Visual Siswa Kelas IV SD Tambakaji 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Tradisi Berbahasa Jawa Melalui Video Audio Visual Siswa Kelas IV SD Tambakaji 01 Semarang.] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Tradisi Berbahasa Jawa Melalui Video Audio Visual Siswa Kelas IV SD Tambakaji 01 Semarang.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa khususnya menyimak beritatradisi di SD Tambakaji 01Semarang mengalami berbagai permasalahan antara lain guru belum memaksimalkan kreatifitasnya, siswa cenderung jenuh serta belum tersedianya fasilitas berupa media dan alat peraga. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Tambakaji 01 Semarang dengan jumlah siswa 38, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan minat siswa mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan dan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan tes, lembar observasi dan foto selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan:(1) keterampilan guru dalam pembelajaran siklus I menunjukkan persentase 70,30% termasuk ketegori sangat baik, pada siklus II menunjukkan persentase 78,20% termasuk kategori sangat baik, pada siklus III menunjukkan persentase 92,2% termasuk kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I yang menunjukkan persentase 75,65% termasuk kategori cukup, pada siklus II menunjukkan persentase 82,25% termasuk kategori baik dan pada siklus III persentase 88,85%termasuk kategori sangat baik. (3) Keterampilan siswa dalam menyimak beritatradisi pada siklus I yang menunjukkan persentase 55,1% termasuk kriteria baik, pada siklus II menunjukkan persentase 68,8% termasuk kriteria baik dan pada siklus III menunjukkan persentase 85,9% termasuk kategori sangat baik. (4) Hasil belajar siswa dari tes awal rata-rata 56,4 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 42,10%, siklus I rata-rata 67,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 68%, siklus II rata-rata 69,48 dengan persentase ketuntasan klasikal 73,7%, sikluls III rata-rata 75,66 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,8%.(5)Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil pengisian angket respon positif, dalam pembelajaran siklus I menunjukkan persentase 89%, pada siklus II menunjukkan persentase 95% dan pada siklus III menunjukkan persentase 97%. Simpulan hasil penelitian yaknimelalui media video audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, keterampilan menyimak, hasil belajar dan minat siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar dapat memilih dan menerapkan media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah dengan media video audio visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, berita tradisi, bahasa Jawa, video audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 02:43
Last Modified: 24 Aug 2012 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14149

Actions (login required)

View Item View Item