Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang


Melan Ayu Ninda Karista, , 1402408225 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran PKn di kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang yaitu guru kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran dan kurang optimal dalam menggunakan media pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang aktif dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran PKn Kelas VB melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis media audio visual. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis media audio visual. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari III siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Tambakaji 03 Semarang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa sebanyak 41 anak. Alat pengumpulan datanya adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi dianalisis dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 25 dalam kategori baik. Siklus II dengan skor 28 dalam kategori baik. Siklus III meningkat dengan skor 33 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapat rata-rata skor 23,7 dalam kategori baik, Siklus II mendapatkan rata-rata skor 27,2 dalam kategori baik. Siklus III naik menjadi 30,6 dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I ketuntasan belajar klasikalnya mencapai 63%. Siklus II dengan ketuntasan klasikal 73%. Siklus III dengan ketuntasan klasikal naik menjadi 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis media audio visual, kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil penelitian disarankan guru menerapkan model pembelajaran NHT berbasis media audio visual sebagai salah satu alternatif pada pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran PKn, Model NHT, Media audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 02:38
Last Modified: 24 Aug 2012 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14147

Actions (login required)

View Item View Item