Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2010/1011


Ariel Tri Yuniarto, 3501406045 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2010/1011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2010/1011] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2010/1011) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Akhir-akhir ini banyak guru mengeluh terhadap kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru sering kali menyalahkan siswa yang dinilai terlalu bodoh, tidak bersemangat, dan tidak ada keinginan untuk maju. Komunikasi berlangsung searah dari guru ke siswa dengan menggunakan metode ceramah. Dalam rangka meningkatkan kualitas pencapaian kompetensi hasil pembelajaran mata pelajaran Sosiologi inilah, dipandang perlu diterapkan model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching). Melalui pembelajaran berbasis berita, siswa ditempatkan dan diperlakukan sebagai subyek sehingga siswa akan lebih termotivasi dan menemukan kebermaknaan dalam belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Sosiologi kelas X SMA N 1 Gombong? (2) Seberapa besar pengaruh model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas X SMA N 1 Gombong? Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Gombong, Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA N 1 Gombong dengan jumlah 31 siswa. Fokus penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran model News Based Teaching di kelas X.5 SMA N 1 Gombong. Metode pengumpulan data menggunakan eksperimen. Penelitian ini melibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Dari hasil penelitian, didapatkan pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis berita ternyata memperoleh skor pencapaian hasil belajar yang lebih tinggi (Mean = 81,258) dibandingkan dengan pencapaian hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori (Mean = 74,065), dan dapat dikatakan bahwa telah terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa melalui pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis berita. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran, dalam hal ini model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) dan model pembelajaran ekspositori berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil analisis data, model Pembelajaran Berbasis Berita (News Based Teaching) lebih berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Sosiologi dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Pada pihak guru, mengingat belum terbiasa melakukan model pembelajaran berbasis berita, yang berbeda dengan model pembelajaran yang biasa digunakan, bagi guru perlu pengalaman untuk dapat menggunakan model pembelajaran ini dengan menerapkannya untuk beberapa kali. Demikian pula pada model pembelajaran ekspositori, guru dituntut untuk total dalam mempersiapkan pembelajaran, karena dalam model pembelajaran ekspositori pengajar sangat mendominasi kegiatan sehingga apabila dalam proses pembelajaran guru kurang siap, bukan tidak mungkin akan dapat mempengaruhi hasil pembelajaran. (2) Pada pihak siswa, bagi siswa merupakan pengalaman baru mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis berita, selama ini model pembelajaran siswa aktif yang pernah diikuti terbatas pada diskusi kelompok, belum seperti model pembelajaran berbasis berita yang memadukan dengan berbagai kegiatan yang aktif, kreatif menantang dan menyenangkan. (3) Pada pihak sekolah, pembelajaran berbasis berita membutuhkan dukungan fasilitas komputer dan LCD, sehingga belum tentu setiap sekolah dapat menerapkan model pembelajaran berbasis berita karena kebutuhan fasilitas yang dimaksud belum semua sekolah memiliki atau mampu menyediakan, kalaupun dipaksakan dilaksanakan mungkin hasilnya lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran News Based Teaching, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 01:14
Last Modified: 24 Aug 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item