Pengaruh Film Gie Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kutasari dalam Pembelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2011/2012


Ganda Kurniawan, 3101408093 (2012) Pengaruh Film Gie Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kutasari dalam Pembelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Film Gie Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kutasari dalam Pembelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Film Gie Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kutasari dalam Pembelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Satu sisi film tidak hanya digunakan sebagai media hiburan saja akan tetapi juga digunakan sebagai media propaganda, terutama untuk tujuan sosial dan nasional. Berbagai film telah masuk ke ranah pendidikan formal salah satunya adalah film GIE. Film dokumenter berjenis non – news real ini memiliki dua sisi manfaat sekaligus dalam pembelajaran sejarah yaitu merepresentasikan gejolak sejarah nasional Indonesia zaman peralihan antara Orde Lama ke Orde Baru, dan mengajarkan sisi positif karakter tokoh Soe Hok-Gie yang nasionalis, jujur, berwawasan luas, dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Hal serupa telah menunjukan bahwa film ini mengajarkan aspek koognitif dan afektif sekaligus. Menyangkut penelitian ini membentuk suatu rumusan masalah apakah film GIE yang bertemakan nasionalis itu benar-benar menginspirasikan semangat nasionalisme pula kepada penontonya ataukah tidak. Penelitian ini membutuhkan deskripsi dua alat ukur (variabel) yaitu mengetes bagaimana dalam memahami film GIE dan setelah itu mengajukan angket pernyataan nasionalisme. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kutasari dengan 40 sampel dari 153 populasi siswa kelas XII IPS menggunakan teknik Random Sampling. Penelitian ini diperlukan analisis deskriptif untuk mengetahui pencapaian siswa untuk setiap variabel. Siswa berperan sebagai testee untuk mengungkap pencapaiannya dalam memahami film GIE, sementara untuk mengungkap nasionalisme siswa berperan sebagai responden yang mengisi angket pernyataan. Kedua hasil pencapaian tersebut disekat uji asumsi normalitas Kolmogrov-Smirnov dan uji linearitas. Metode analisis utama yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil tes film GIE dan angket nasionalisme sama-sama memiliki rata-rata kategori baik. Perolehan hasil tes film GIE rata-rata memperoleh 76,11, dan nasionalisme siswa memeproleh 81,12. Hasil korelasi kedua variabel ini menunjukan pengaruh yang signifikan yaitu dengan nilai r=0,669 dengan tingkat keeratan ”cukup/sedang”. Keberartian korelasi didapatkan t-hitung sebesar 5,5507, menunjukan > dari t-tabel 1,6860, maka angka korelasi tersebut juga berlaku terhadap semua populasi. Persamaan regresi didapatkan Y memberi makna bahwa rata-rata setiap kenaikan hasil tes film GIE sebesar 1 poin maka akan mempengaruhi pula kenaikan nilai nasionalisme sebesar 0,3. Hasil uji-F juga telah menunjukan angka 30,723 yang terbukti > F-tabel 4,06 sehingga menandakan bahwa persamaan regresi ini juga relative berlaku untuk semua populasi. Langkah terakhir yaitu menghitung R Square dan didapatkan hasil 0,447 memberi arti bahwa film GIE ternyata memberikan intervensi sebesar 44,7% dalam meningkatkan nasionalisme

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film GIE, Soe Hok-Gie, Nasionalisme
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 01:08
Last Modified: 24 Aug 2012 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item