Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Guru Sejarah SMAN se-Kabupaten Banjanegara


Sulistyaningsih, 3101408089 (2012) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Guru Sejarah SMAN se-Kabupaten Banjanegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Guru Sejarah SMAN se-Kabupaten Banjanegara] Microsoft Word (Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Kinerja Guru Sejarah SMAN se-Kabupaten Banjanegara) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kinerja guru merupakan hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang dicapai seorang guru dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa melalui proses belajar mengajar. Data observasi awal menunjukkan bahwa kinerja guru sejarah di SMAN se-kabupaten Banjarnegara belum optimal. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja guru sejarah di SMAN se-Kabupaten Banjarnegara baik secara simultan maupun parsial. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh positif antara pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru sejarah di SMAN se-Kabupaten Banjarnegara baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sejarah di SMAN se-Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah 15 guru. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner atau angket dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi sebesar 0.007 lebih kecil dari 0.05, maka pendidikan dan pelatihan (diklat) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru sejarah sebesar 40 %. Hasil uji parsial sebesar 19.62 %, sehingga menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan (diklat) secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru sejarah. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh antara pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja guru sejarah di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara secara simultan maupun spasial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 01:05
Last Modified: 24 Aug 2012 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14137

Actions (login required)

View Item View Item