Pengaruh Pemanfaatan Sumber Pendukung Pembelajaran Berupa Karya Sastra Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2011/2012


Kholis Istianah, 3101408073 (2012) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Pendukung Pembelajaran Berupa Karya Sastra Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Sumber Pendukung Pembelajaran Berupa Karya Sastra Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Pemanfaatan Sumber Pendukung Pembelajaran Berupa Karya Sastra Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Karya sastra mempunyai relevansi dengan masalah-masalah dunia pendidikan dan pengajaran serta memiliki pesona tersendiri bila dibaca. Karya sastra dapat membukakan mata pembaca untuk mengetahui realitas sosial, politik dan budaya dalam bingkai moral dan estetika. Dalam kenyataan karya sastra dapat dipakai untuk mengembangkan wawasan berpikir bangsa. Karya sastra dapat memberikan pencerahan pada siswa dan ketangguhan yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Dalam skripsi ini permasalahan yang dikaji adalah (1) bagaimana minat belajar sejarah yang diajarkan dengan pemanfaatan sumber pendukung pembelajaran sejarah berupa karya sastra sejarah pada siswa, (2) bagaimana minat belajar sejarah tanpa menggunakan pemanfaatan sumber pendukung pembelajaran sejarah berupa karya sastra sejarah pada siswa dan (3) adakah pengaruh pemanfaatan sumber pendukung pembelajaran sejarah yang diajarkan berupa karya sastra sejarah terhadap minat belajar sejarah siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Subah dengan populasi siswa kelas IX yang berjumlah 196. Penilitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan desain peneltian Quasi Eksperiment Berjenis Pretes-Postrest Control Group Design di kelas IX D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas IX E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t yaitu diperoleh nilai Z untuk data awal kelas eksperimen sebesar 0,552 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,921. Nilai Z data akhir kelas eksperimen diperoleh nilai Z sebesar 0,404 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,997. Nilai Z untuk data awal kelas kontrol sebesar 0,590 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,887 dan nilai Z untuk data akhir kelompok kontrol diperoleh sebesar 1,078 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,196. Nilai signifikansi dari masing-masing variabel > 0,05 yang berarti bahwa Ho diterima atau data dari masing-masing berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,125 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,293. Nilai Signifikansi lebih besar dari 0,05. Karena n 0,293 > 0,05 maka kedua kelompok dinyatakan homogen. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa minat belajar sejarah dengan menggunakan sumber pendukung pembelajaran berupa karya sastra sejarah rata-rata termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat sebanyak 27 (84,38%) siswa termasuk dalam kategori baik dan sebanyak 5 (15,63%) siswa termasuk dalam kategori cukup baik, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik, cukup baik dan sangat tidak baik. Minat belajar sejarah yang diajarkan tanpa menggunakan sumber pendukung pembelajaran sejarah berupa karya sastra sejarah pada siswa kelas tahun pelajaran 2012/2013, rata-rata termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat sebanyak 17 (53,13%) siswa termasuk dalam kategori cukup baik, sebanyak 15 (46,88%) siswa termasuk dalam kategori baik, sebanyak 0 (0,00%) siswa termasuk dalam kategori kurang baik, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik dan sangat tidak baik. pada hasil dari uji t bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara sumber pendukung pembelajaran berupa karya sastra sejarah terhadap minat belajar siswa yang diperoleh thitung sebesar 4,249. Pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 dengan tingkat signifikansi sebesar 2,0 Tampak bahwa thitung > ttabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Sumber Pendukung Pembelajaran, Karya Sastra, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 00:56
Last Modified: 24 Aug 2012 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14132

Actions (login required)

View Item View Item