Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Percobaan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VB SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang


Rahadian Wahyu Nur.Utami, , 1402408149 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Percobaan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VB SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Percobaan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VB SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Percobaan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VB SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan bersama guru kelas menunjukkan bahwa guru belum pernah menggunakan model pembelajaraan kooperatif. Siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan nilai yang diperoleh 26 siswa di bawah KKM (69). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan percobaan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang dalam pembelajaran IPA? Pemecahan masalah yang dilakukan untuk rumusan masalah di atas ialah melalui model kooperatif tipe NHT dengan percobaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan percobaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tawang Mas 01 Kota Semarang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB dengan jumlah 37 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Variabel penelitian ialah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru siklus I memperoleh skor 10 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 13 dalam kategori sangat baik, dan siklus III dengan skor 14 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 7,93 dalam kategori cukup, siklus II dengan skor 9,80 dalam kategori baik, dan siklus III dengan skor 11,93 dalam kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 64,86%, siklus II dengan persentase 75,67%, dan pada siklus III meningkat dengan persentase 89,18%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan percobaan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Saran dari peneliti adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan percobaan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata kunci: kualitas pembelajaran, Numbered Heads Together, percobaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 00:57
Last Modified: 24 Aug 2012 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item