Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Metode Team Quiz dan Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas X di SMA N I Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012


Revita Yanuastuti, 3101408001 (2012) Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Metode Team Quiz dan Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas X di SMA N I Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Metode Team Quiz dan Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas X di SMA N I Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Studi Komparasi Hasil Belajar Sejarah Siswa Antara Pembelajaran Menggunakan Metode Team Quiz dan Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas X di SMA N I Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Gubug menunjukkan bahwa sebagian besar nilai harian mata pelajaran sejarah siswa kelas X belum maksimal, karena masih banyak nilai yang mereka peroleh memiliki selisih yang hanya sedikit dengan KKM. Beberapa faktor penyebab kurang maksimalnya hasil belajar adalah guru yang belum banyak menggunakan metode yang mampu merangsang siswa untuk memiliki kemampuan bekerjasama, mengkontruksi pengetahuan dan aktif. Selain itu, minimnya guru mata pelajaran sejarah di SMA N I Gubug juga turut mempengaruhi kurang maksimalnya hasil belajar siswa tersebut. Pada penelitian ini digunakan dua metode pembelajaran yaitu Team Quiz dan Question Student Have. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N I Gubug yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Team Quiz, (2) menjelaskan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N I Gubug yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Question Student Have, (3) menjelaskan perbedaan yang signifikan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N I Gubug antara yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dan Question Student Have. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Pre test and Post test Comparation Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Gubug Tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XF sebagai kelas eksperimen I (Team Quiz) dan kelas XC sebagai kelas eksperimen II (Question Student Have). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pos test kelas eksperimen I adalah (76,89) dan rata-rata kelas eksperimen II adalah (82,13), dari hasil uji hipotesis (uji t) dua pihak nilai post test diperoleh harga thitung(3,847) > ttabel(1,99), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Sedangkan uji satu pihak diperoleh harga thitung(3,847) > ttabel(1,66), yang berarti hasil belajar sejarah kelas eksperimen II (Question Student Have) lebih tinggi daripada kelas eksperimen I (Team Quiz). Berdasarkan hasil penelitian di atas, adapun saran yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut; (1) metode Question Student Have perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah khususnya pada materi peradaban awal masyarakat dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia, (2) pada penerapan metode Team Quiz dan metode Question Student Have diperlukan kemampuan pengelolaan kelas dan pemahaman yang baik terhadap kedua metode tersebut agar pelaksanaan dalam pembelajaran bisa berjalan dengan baik, (3) metode Team Quiz dan Question Student Have dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah untuk menjadikan siswa aktif, mampu berkompetisi kerjasama kelompok dengan baik serta lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Hasil Belajar, Team Quiz, Question Student Have.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 00:48
Last Modified: 24 Aug 2012 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item