Efektivitas Penggunaan Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran IPS pada Materi Pokok Gejala Diastropisme dan Vulkanisme Kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa


Adi Priadi, 3201407071 (2012) Efektivitas Penggunaan Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran IPS pada Materi Pokok Gejala Diastropisme dan Vulkanisme Kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran IPS pada Materi Pokok Gejala Diastropisme dan Vulkanisme Kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa] Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran IPS pada Materi Pokok Gejala Diastropisme dan Vulkanisme Kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Inovasi-inovasi baru sangat diperlukan untuk menarik serta menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Materi pokok Diastropisme dan Vulkanisme banyak menggunakan animasi-animasi untuk menjelaskan mengenai bentuk-bentuk patahan, lipatan, maupun gejala-gejala yang berkaitan dengan vulkanisme. Pemilihan media yang tepat dapat membantu guru dalam menyampaikan materi disertai dengan contoh gambar gerak, sehingga mempunyai kesan interaktif. Media yang dapat digunakan untuk membahas materi pokok Diastropisme dan Vulkanisme diantaranya adalah media pembelajaran berbasis komputer dengan memanfaatkan program atau software Adobe Flash CS3 Professional. Adobe Flash CS3 Professional dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam mempresentasikan maupun menampilkan materi pelajaran dengan lebih menarik, komunikatif, variatif, dan efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar efektivitas penggunaan Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Pokok Gejala Diastropisme dan Vulkanisme Kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan Adobe Flash CS3 Professional dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi pokok gejala diastropisme dan vulkanisme kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wiradesa Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas, yaitu kelas VII 1, VII 2, VII 3, VII 4, VII 5 dan VII 6 dimana masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sebagai sampel diambil satu kelas, yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini berjumlah dua, yaitu penggunaan Adobe Flash CS3 Professional (variabel bebas) dan hasil belajar siswa (variabel terikat). Rancangan penelitian ini menggunakan the one group pre test - post test design. Alat pengumpul data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji t. Observer dalam penelitian ini dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS SMP Negeri 1 Wiradesa. Berdasarkan hasil penelitian, persentasi tanggapan siswa mengenai pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash CS3 Professional adalah sebesar 77% dan termasuk dalam kriteria tinggi. Nilai rata-rata kelompok pre test sebesar 51,77 dan nilai rata-rata kelompok post test sebesar 73,43. Hasil Uji t-test diketahui thitung = 18,92 dan ttabel = 2,04. Karena thitung > ttabel dengan dk = 30 – 1 = 29, berarti hipotesis ditolak. Simpulan, penggunaan media Adobe Flash CS3 Professional dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi pokok gejala diastropisme dan vulkanisme kelas VII SMP N 1 Wiradesa. Artinya hasil belajar siswa pada materi pokok gejala diastropisme dan vulkanisme meningkat setelah menggunakan media Adobe Flash CS3 Professional. Hal ini terlihat dari hasil post test yang menggunakan media Adobe Flash CS3 Professional memiliki rata-rata lebih tinggi daripada hasil pre test. Sehingga dapat dikatakan bahwa Adobe Flash CS3 Professional efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang diberikan adalah media pembelajaran Adobe Flash CS3 Professional perlu diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS, serta perlu diadakan penelitian serupa pada materi pokok lain, sehingga diperoleh informasi lebih luas tentang keefektifan penggunaan media pembelajaran Adobe Flash CS3 Professional dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS3 Professional, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2012 00:38
Last Modified: 24 Aug 2012 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item