Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Talking Stick dengan Media CD pada Siswa Kelas IV SDN Tawang Mas 01


Muhammad Zam Zam Rizka Susila.Ardi, 1402408148 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Talking Stick dengan Media CD pada Siswa Kelas IV SDN Tawang Mas 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Talking Stick dengan Media CD pada Siswa Kelas IV SDN Tawang Mas 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Talking Stick dengan Media CD pada Siswa Kelas IV SDN Tawang Mas 01) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran bersumber dari kehidupan sosial masyarakat dan diseleksi menggunakan konsep ilmu sosial yang digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Permasalahan pembelajaran IPS di SDN Tawang Mas 01 adalah sebanyak 21 dari 36 siswa (58,33%) mengalami ketidaktuntasan mencapai KKM. Ketuntasan belajar klasikal hanya sebesar 41,7%, suasana kelas monoton, semangat belajar kurang dan siswa ramai sendiri. peneliti menetapkan alternatif tindakan yaitu menerapkan model talking stick dengan media CD. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah penerapan model Talking Stick dengan media CD dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS SDN Tawang Mas 01?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa serta hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Manfaat penelitian terbagi menjadi 2 yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tawang Mas 01 berjumlah 36 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran IPS dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan guru dalam mengajar. Pada siklus I memperoleh skor 21, rata-rata 2,3 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 28, rata-rata 3,1 kategori baik dan siklus III memperoleh skor 33, rata-rata 3,7 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 15,8 rata-rata 2,3 kategori cukup. Siklus II mendapatkan skor 19,6 rata-rata 2,8 kategori baik. Siklus III mendapatkan skor 23 rata-rata 3,3 kategori sangat baik. Hasil belajar juga mengalami peningkatan ditunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar 68, persentase ketuntasan siswa 61%. Siklus II rata-rata hasil belajar 76, persentase ketuntasan siswa 72%. Siklus III rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 87 dengan persentase ketuntasan siswa 89%. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan, melalui penerapan model talking stick dengan media CD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SDN Tawang Mas 01. Disarankan bagi siswa lebih meningkatkan aktivitas dan semangat belajarnya. Bagi guru agar lebih aktif dalam mengkondisikan pembelajaran. Bagi lembaga khususnya SDN Tawang Mas 01, hendaknya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi guru-guru melalui kegiatan KKG dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah. Bagi pihak-pihak lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan model talking stick

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Talking Stick, Media CD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 08:22
Last Modified: 23 Aug 2012 08:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item