Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SD N Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang


Mohammad Latiful. Amin, 1402408106 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SD N Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model  Children Learning  In Science (CLIS) Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SD N Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SD N Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan erat dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prisip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan dan dapat dijadikan bekal untuk siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Observasi awal pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V SD N Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang menunjukkan hasil belajar siswa belum maksimal, terlihat guru belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran IPA yang bervariasi, aktivitas siswa pembelajaran cenderung pasif dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 40,5%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan model Children Learning In Science (CLIS) dengan Media Presentasi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA? Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA tersebut ada upaya dengan menerapkan model CLIS dengan Media Presentasi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Tambakaji 04 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pemebalajaran IPA melalui model CLIS dengan Media Presentasi meningkat, diindikasikan dengan meningkatnya keterampilan guru pada Siklus I memperoleh skor 23 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 33 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 38 kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 26,4 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata32,2 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata 39,4 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 70,8 dengan ketuntasan klasikal 43,2%, siklus II memperoleh rata-rata 77 ketuntasan klasikal 67,5%, dan siklus III memperoleh rata-rata menjadi 81 dengan ketuntasan klasikal 83,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model CLIS dengan Media Presentasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran bagi guru adalah perlu mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran dan media yang bervariasi dengan menerapkan model CLIS dengan Media Presentasi dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, CLIS, Media Presentasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 08:04
Last Modified: 23 Aug 2012 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14109

Actions (login required)

View Item View Item