Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Penerapan Model Think Pair Share Dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakaji 04


Mei Susanti,, 1402408103 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Penerapan Model Think Pair Share Dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakaji 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Penerapan Model Think Pair Share Dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakaji 04] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Penerapan Model Think Pair Share Dengan Media CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Tambakaji 04) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di SDN Tambakaji 04 masih mengalami hambatan. Dalam kegiatan pembelajaran siswa masih kurang aktif, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh guru yang kurang variatif dalam penggunaan media guru belum memaksimalkansumber belajar yang tersedia. Di SDN Tambakaji 04 didukung fasilitas pembelajaranberbasis multimedia, seperti LCD, laptop dan komputer.Tetapi guru belum bisa menggunakan sebagai sumber belajar secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model Think Pair Share dengan meida CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 04 dalam pembelajaran IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas belajar, keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Think Pair Sharedengan media CD pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Tambakaji 04. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN Tambakaji 04 sebanyak 46 siswa yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran meningkat yaitu siklus I diperoleh skor 12dengan kategori cukup, siklus II diperoleh skor 17.6 dengan kategori baik dan siklus III diperoleh skor 25.5 dengan kategorisangat baik. Keterampilan guru selama pembelajaran meningkat yaitu siklus I memperoleh skor55dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 77.5 dengan kategoribaik dan siklus III memperoleh skor 87.5 dengan kategori sangat baik.Hasil belajar siswa meningkat yaitu siklus I rata-rata 70.95 dengan persentase ketuntasan sebesar 67.39% dengan kriteria cukup, Siklus II rata-rata 76.44 dengan persentase ketuntasan sebesar 75.5% dengan kriteria baik dan siklus III rata-rata 82.76 dengan persentase ketuntasan sebesar 84.78% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Think Pair Share dengan media CD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SDN Tambakaji 04. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dan hasil belajar.Saran kepada guru agar menerapkan model Think Pair Share dengan media CD dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Penerapan model Think Pair Share dengan media CD Pembelajaran juga bisa digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model TPS, Kualitas Pembelajaran IPA,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 08:01
Last Modified: 23 Aug 2012 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

View Item View Item