Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan SETS pada Siswa Kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang


Adi Setiawan,, 1402408075 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan SETS pada Siswa Kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan SETS pada Siswa Kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan SETS pada Siswa Kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang menunjukkan guru belum maksimal dalam menerapkan pembelajaran yang bervariasi. Hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran terkesan kurang menarik, sehingga siswa menjadi kurang antusias dan akibatnya hasil belajar siswa kurang maksimal dengan ketuntasan klasikal hanya mencapai 47,36%. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan menerapkan Pendekatan SETS dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA? Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA tersebut, upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan Pendekatan SETS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPA dengan menerapkan Pendekatan SETS meningkat, diindikasikan dengan meningkatnya keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan di siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan SETS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD N Ngaliyan 05 Semarang. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam pembelajaran IPA menerapkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, salah satunya yaitu dengan menerapkan Pendekatan SETS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, IPA, Pendekatan SETS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 07:53
Last Modified: 23 Aug 2012 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item