Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang


Guntur Abdul Rohman, , 1402408071 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan CD Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang dilaksanakan untuk mengembangkan kemampuan dasar berpikir logis, kritis, kecerdasan nilai-nilai sosial, serta pengembangan kemampuan berkomunikasi, bekerja bekerjasama dalam lingkungan kelas. Data awal observasi di SDN Ngaliyan 01 Semarang adalah guru kurang menerapkan pembelajaran yang inovatif dan tidak menggunakan media yang sesuai pembelajaran IPS sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa, rendahnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 26%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS tersebut dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe think-pair-share dengan CD pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktifitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa pada pelajarann IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan CD pembelajaran di SDN Ngaliyan 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kooperatif tipe TPS dengan CD pembelajaran yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 28 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 36 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 40 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20 kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 27 kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 31 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 81,5% dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 89,4% dengan kategori sangat baik, dan meningkat pada siklus III menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi antara lain dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan CD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif tipe TPS dan CD pembelajara
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 07:51
Last Modified: 23 Aug 2012 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item