Peningkatan Penguasaan Materi PKn Tentang Pengaruh Globalisasi Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grinting 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes
Toifah, 1404908065 (2011) Peningkatan Penguasaan Materi PKn Tentang Pengaruh Globalisasi Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grinting 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Penguasaan Materi PKn Tentang Pengaruh Globalisasi Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grinting 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes)
- Published Version
Download (30kB) |
Abstract
Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri Grinting 01 Kecamatan Bulakamba belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada mata pelajaran PKn kompetensi dasar Pengaruh Globalisasi. Hal ini disebabkan karena guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan contoh nyata kepada siswa.. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah di atas yaitu dengan menerapkan Pendekatan Tutor Sebaya Dalam pembelajaran PKn kompetensi dasar Pengaruh Globalisasi dengan metode tutor sebaya materi pembelajaran tersebut, siswa memecahkan masalah-masalah melalui kerja kelompok sehingga diharapkan peran aktif dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu penelitian ini terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada kompetesensi dasar Pengaruh Globalisasi Dunia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Grinting 01 Kecamatan Bulakamba Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 25 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya, baik dari segi keaktifan siswa, kinerja guru, maupun peningkatan penguasaan materi PKn tentang pengaruh globalisasi bagi siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 2,6 (skala 0-4) kategori baik dengan persentase keaktifan 65%, dan pada siklus II meningkat menjadi 3,4 (skala 0-4) kategori baik sekali dengan persentase keaktifan 85%. Data tentang kinerja guru pada siklus I rata-rata 2,9 (skala 0-4) termasuk dalam kategori baik dengan persentase kinerja guru 71,1% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 3,5 (skala 0-4) kategori baik sekali dengan persentase kinerja 86%. Sedangkan penguasaan materi siswa nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 68,9 kategori cukup dengan persentase ketuntasan 64%, pada siklus II nilai rata-rata penguasaan materi siswa meningkat menjadi 78 termasuk kategori baik dengan persentase ketuntasan 92%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa, kinerja guru, dan meningkatkan penguasaan materi PKn tentang pengaruh globalisasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Tutor Sebaya; hasil belajar siswa; Globalisasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 03:45 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 03:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14076 |
Actions (login required)
View Item |