Penerapan Pendekatan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas II SD Negeri Cibendung 02 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011
Casrini, 1404908035 (2011) Penerapan Pendekatan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas II SD Negeri Cibendung 02 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Pendekatan PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas II SD Negeri Cibendung 02 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (29kB) |
Abstract
Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas II SD Negeri Cibendung 02 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah yaitu pada materi perkalian sebagai penjumlahan berulang mata pelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan guru belum menemukan sebuah pendekatan dan metode yang tepat. Metode ceramah yang sering digunakan guru selama ini, ditambah guru tidak memberikan contoh nyata kepada siswa, akibatnya siswa menjadi pasif, tidak kraetif, dan suasana pembelajaran membosankan atau dirasa tidak menyenangkan. Masalah di atas tentunya perlu dipecahkan dengan menerapkan pendekatan PAKEM. Dalam penelitian ini rumusan masalahanya adalah apakah pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika ?. Dari rumusan masalah tersebut maka pemecahannya adalah menggunakan langkah-langkah pendekatan PAKEM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas II SD Negeri Cibendung 02 Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010/1011 dengan jumlah siswa 20 orang. Dalam pelaksanaannya penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya yaitu dilihat dari segi keaktifan siswa, keaktifan guru maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II meningkat menjadi 65%. Kemudian data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,5 dengan ketuntasan siswa sebesar 60% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,5 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan kreatifitas serta hasil belajar siswa. Maka saran yang dapat disampaikan adalah agar pembelajaran PAKEM dapat diterapkan pada konsep yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran; pendekatan PAKEM; keaktifan siswa; hasil belajar siswa; perkalian sebagai penjumlahan berulang |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 03:27 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14073 |
Actions (login required)
View Item |