Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual siswa kelas V SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang


Agil Bangkit Widiastuti, 1402408335 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual siswa kelas V SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual siswa kelas V SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kontekstual siswa kelas V SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah guru menggunakan cara konvensional (teacher center), belum menggunakan model-model pembelajaran inovatif dan kurang memberikan motivasi belajar kepada siswa. Pemecahan masalah menggunakan pendekatan kontekstual.Rumusan masalah adalah (1) Apakah melalui pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan keterampilan guru kelas VA SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran IPA? (2) Apakah melalui pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VA SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran IPA? (3) Apakah melalui pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang dalam pembelajaran IPA?. Subyek penelitian siswa kelas VA sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian antara lain: (1) keterampilan guru dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual, (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual. Hasil penelitian meliputi keterampilan guru dapat meningkat dengan skor siklus I sebesar 17 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 27,5 sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,5. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 12,1 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 22,95 sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,85. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 70,65 dengan ketuntasan klasikal 59,5%. Pada siklus II meningkat dengan rata-rata 82,32 dengan klasikal 88,1% sehingga terjadi peningkatan sebesar 27,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Tawang Mas 01 Semarang.Pendekatan kontekstual meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga disarankan dapat menerapkan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, kualitas pembelajaran, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:17
Last Modified: 23 Aug 2012 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14069

Actions (login required)

View Item View Item