Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang


Eko Siswanto, 1402408328 (2012) Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang] Microsoft Word (Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Proses pembelajaran IPS SD yang dilaksanakan harus memperhatikan pengembangan kemampuan dasar berpikir logis dan kritis, pengembangan komitmen dan kesadaran nilai-nilai sosial, serta pengembangan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama bagi siswa. Hasil observasi awal di SDN Gisikdrono 02 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas IVA. Guru kurang memanfaatkan media, pengajaran belum student center, siswa kurang aktif, dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 13,3%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan kontekstual berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual berbasis ICT dengan menggunakan 3 siklus dan setiap siklus satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 20 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 28 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 35 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15,53 kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 16,1 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 19,6 kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 53% , meningkat pada siklus II menjadi 73%, dan meningkat pada siklus III menjadi 90%. Simpulan dari penelitian adalah melalui pendekatan kontekstual berbasis ICT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian sebagai berikut: guru dapat memilih media yang disesuaikan dengan materi karakteristik siswa, penerapan pendekatan diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan sekolah hendaknya melengkapi media yang diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, kontekstual ICT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:14
Last Modified: 23 Aug 2012 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item View Item