Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VA SDN Ngaliyan 01


Silvi Nur Fitria, 1402408309 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VA SDN Ngaliyan 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VA SDN Ngaliyan 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VA SDN Ngaliyan 01) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas VA SDN Ngaliyan 01 masih belum maksimal. Pada pelaksanaan pembelajaran guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran, materi disampaikan secara klasikal, dalam diskusi hanya beberapa siswa yang aktif sehingga ada yang mendominasi pembelajaran dan hasil belajar siswa tidak sama dengan hasil diskusinya. Solusi dari pemecahan masalah tersebut menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Team Assisted Individualization (TAI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah model pembelajaran kooperatif metode TAI dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran IPA di kelas VA SDN Ngaliyan 01? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif metode TAI dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA di kelas VA SDN Ngaliyan 01? (3) Apakah model pembelajaran kooperatif metode TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VA SDN Ngaliyan 01? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif metode TAI untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada kelas VA SDN Ngaliyan 01. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat tahapan yang harus dilakasanakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 19,5 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 24 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 33 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 19,8 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 23 dengan kriteria baik, dan pada siklus III mendapat skor 26,3 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%, siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 84,6 %, dan siklus III mencapai 89,7 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif metode TAI dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Ngaliyan 01. Saran yang di rumuskan adalah model pembelajaran kooperatif metode Team Assisted Individualization (TAI) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pada mata pelajaran lain sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Metode TAI, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:12
Last Modified: 23 Aug 2012 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item