Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VB SDN Petompon 01. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).


Laela Mumtahanah, 1402408305 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VB SDN Petompon 01. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VB SDN Petompon 01. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Siswa Kelas VB SDN Petompon 01. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Petompon 01 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas VB. Proses pembelajaran berpusat pada guru. Guru lebih berperan aktif dan siswa cenderung pasif serta pembelajaran tidak mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Siswa hanya disajikan rumus jadi dan menghafal rumus-rumus tersebut. Akibatnya banyak siswa mampu menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi ajar yang diterimanya, tetapi pada kenyataannya mereka tidak memahaminya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VB SDN Petompon 01?” Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas VB SDN Petompon 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Petompon 01. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 28,5 dengan kategori baik dan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 34,5 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 17,75 dengan kategori cukup dan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 23,26 dengan kategori baik. (3) Ketuntasan hasil belajar mengalami ketuntasan dari pra siklus hingga siklus II pertemuan 2 yaitu 44,44%, 52,78%,63,89%, 77,78% dan 86,11%. Ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu skor keterampilan guru dan aktivitas siswa sekurang-kurangnya baik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 85% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas rendah Sekolah Dasar. Saran bagi guru adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran matematika, pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:08
Last Modified: 23 Aug 2012 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item View Item