Efektivitas Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas.


Desty.Triastuti, , 1402407129 (2011) Efektivitas Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas. ] Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang diberikan sejak SD dan MI sampai SMP dan MTs. Konsep yang dipelajari dalam IPS hendaknya dimulai dari hal-hal yang bersifat konkrit, sehingga konsep IPS dapat dipahami siswa dengan baik dan hasil belajarnya akan lebih bertahan lama. Hal ini penting dilakukan dalam pembelajaran IPS, karena belajar IPS berarti belajar tentang hubungan manusia dengan lingkungan kehidupannya. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Dari hal tersebut muncul rumusan masalah, 1) apakah ada perbedaan aktivitas belajar IPS antara siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL dan siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional; 2) apakah ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL dan siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional; dan 3) bagaimanakah pengaruh penggunaan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 1 Sumpiuh. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sumpiuh yang berjumlah 46 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Sampel untuk penelitian diambil menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sampel diambil dari seluruh populasi yang tersedia. Kelas IVA dijadikan sebagai kelompok kontrol dan kelas IVB sebagai kelompok eksperimen. Data awal diambil dari hasil pretest masing-masing kelompok dan data akhir diambil dari hasil postest masing-masing kelompok pada mata pelajaran IPS materi pokok permasalahan sosial di daerah setempat. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada kelompok eksperimen sebesar 80,16%, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 40,49%.. Hasil postest kelompok eksperimen menunjukkan nilai rata-rata kelas 83,04, sedangkan kelompok kontrol sebesar 70,52. Hal ini berarti penggunaan pendekatan CTL terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa pada materi permasalahan sosial di daerah setempat. Dari hasil penelitian tersebut, diaharapkan guru menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL. Bagi siswa diharapkan dapat memanfaatkan pengetahuan lama yang dimiliki dan mengonstruksikannya dengan pengetahuan yang baru. Bagi pihak sekolah perlu mengambil kebijakan yang mendukung pelaksanaan pembelajaran CTL pada berbagai mata pelajaran khususnya IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 03:02
Last Modified: 23 Aug 2012 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item