Peningkatan kemampuan siswa memahami isi bacaan dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas III SDN Ngijo 01 kecamatan Gunungpati kota Semarang


Mulipah, 1402407092 (2011) Peningkatan kemampuan siswa memahami isi bacaan dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas III SDN Ngijo 01 kecamatan Gunungpati kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan kemampuan siswa memahami isi bacaan dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas III SDN Ngijo 01 kecamatan Gunungpati kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan kemampuan siswa memahami isi bacaan dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas III SDN Ngijo 01 kecamatan Gunungpati kota Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh di SDN Ngijo 01 kecamatan Gunungpati kota Semarang terdapat masalah dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas III. Guru masih belum menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif dan kegiatan pembelajaran belum berpusat pada siswa. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya dengan menggunakan strategi belajar PQ4R. Agar dapat mengetahui apakah dengan menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan, aktivitas siswa, dan aktivitas guru pada pembelajaran bahasa Indonesia? Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan ,(2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan selama tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa 47,8%. Aktivitas siswa 74% memperoleh kriteria B. Aktivitas guru memperoleh kriteria B. Pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa 60,9%. Aktivitas siswa 74% memperoleh kriteria B. Aktivitas guru memperoleh kriteria B. Pada siklus II pertemuan III persentase ketuntasan siswa 69,7%. Aktivitas siswa 78,3% memperoleh kriteria B. Aktivitas guru memperoleh kriteria A. Pada siklus II pertemuan IV persentase ketuntasan siswa 82,6%. Aktivitas siswa 82,6% memperoleh kriteria B. Aktivitas guru memperoleh kriteria A. Pada siklus III pertemuan V persentase ketuntasan siswa 87%. Aktivitas siswa 82,6% memperoleh kriteria B. Aktivitas guru memperoleh kriteria A Setelah dilakukan tindakan pada siklus III terlihat bahwa adanya peningkatan pada kemampuan siswa, aktivitas siswa, dn aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami isi bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pengetahuan dan perbaikan pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, dapat memberikan manfaat bagi lembaga, yaitu meningkatkan kualifikasi dengan sekolah lain. Bagi guru, dapat meningkan pengetahuan, kreativitas, dan pengalaman PTK. Dan manfaat bagi siswa, dapat memudahkan siswa memahami bacaan. Saran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan siswa maka perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan menggunakan strategi belajar PQ4R.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, memahami, isi, bacaan, Strategi, belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:56
Last Modified: 23 Aug 2012 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14061

Actions (login required)

View Item View Item