Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Metode Cooperative Script dengan Media Gambar dan Teks Bacaan di kelas IV A SD Wonosari 02 Kota Semarang


Dinar Wanti, 1402408268 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Metode Cooperative Script dengan Media Gambar dan Teks Bacaan di kelas IV A SD Wonosari 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Metode Cooperative Script dengan Media Gambar dan Teks Bacaan di kelas IV A SD Wonosari 02 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Metode Cooperative Script dengan Media Gambar dan Teks Bacaan di kelas IV A SD Wonosari 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Observasi awal pada saat proses pembelajaran ips dari kegiatan PPL 2 di SDN Wonosari 02 menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV A relatif rendah, ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh adalah 48,49%. Belum optimal hasil belajar dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya aktivitas siswa cenderung pasif dan guru kurang menggunakan pendekatan atau strategi pembelajaran. Tujuan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode cooperative script yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rumusan Masalah Pada penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode cooperative script dengan menggunakan media gambar dan teks bacaan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV A SD N Wonosari Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV A SDN Wonosari Kota Semarang melalui metode cooperative script dengan media gambar dan teks bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus dan dilakukan di SDN Wonosari 02, Kota Semarang. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV A yang berjumlah 33 yang terdiri dari 16 laki – laki dan 17 siswa perempuan.Variabel penelitian ini meliputi : keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,tes dan dokumen Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode cooperative script dengan menggunakan media gambar dan teks bacaan menunjukkan peningkatan. Pada keterampilan guru siklus I dengan persentase keberhasilan 59,37% yang masuk dalam kategori cukup (C), pada siklus II sebesar 78,12% yang termasuk dalam kategori baik (B), dan pada siklus III sebesar 96,87% kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa siswa meningkat.Rata –rata hasil belajar IPS meningkat dari nilai rata – rata 70 dengan ketuntasan klasikal 54,55%(Siklus I)kategori cukup, siklus II nilai rata – rata 76,21 ketuntasan klasikal 69,7% kategori B dan pada siklus III nilai rata – rata 84,53 dengan ketuntasan klasikal 81,82% masuk kategori B. Berdasarkan hasil penelitian disiimpulkan bahwa metode pembelajaran cooperative script terbukti dapat meningkatan kualitas pembelajaran IPS yang diindikasikan pada keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam kegiatan pembelajaran guru bisa menerapkan metode cooperative script dengan menggunakan media gambar dan teks bacaan sebagai salah satu model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Metode cooperative script dengan menggunakan media gambar dan teks bacaan dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya dengan disesuaikan pada materi dan kondisi belajar siswa. Metode ini juga merupakan solusi bagi guru karena mampu meningkatkan keaktifan dan minat siswa dalam belajar sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Metode cooperative script dengan Media Gambar dan Teks Bacaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:16
Last Modified: 23 Aug 2012 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item