Peningkatan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis CD pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Maitan 01 Pati


Feri Budiarto,, 1401909007 (2012) Peningkatan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis CD pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Maitan 01 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis CD pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Maitan 01 Pati] Microsoft Word (Peningkatan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) berbasis CD pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Maitan 01 Pati) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Maitan 01 mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran yang belum optimal. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode teacher centered daripada student centered. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa masih belajar secara individu, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas V SDN Maitan 01 Pati? 2) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas V SDN Maitan 01 Pati? 3) Apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas V SDN Maitan 01 Pati? Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, (3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan NHT berbasis CD pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui NHT berbasis CD pembelajaran yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN Maitan 01. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pada siklus I memperoleh skor 16 dengan kategori baik, siklus II dengan skor 23 dengan kategori baik, dan pada siklus III sebesar 30 dengan kategori amat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 14,05 dengan kategori cukup, siklus II skor 14,25 dengan kategori cukup, dan siklus III skor 18,95 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rerata kelas sebesar 68 dengan persentase ketuntasan sebesar klasikal 55%, pada siklus II sebesar 64,5 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 60%, dan pada siklus III sebesar 75 dengan persentase ketuntasan belajar kalsikal sebesar 85%. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan NHT berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Maitan 01. Saran bagi guru adalah lebih aktif dalam mengkondisikan pembelajaran, dapat menerapkan berbagai macam proses pembelajaran yang inovatif, bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Pembelajaran Model Kooperatif tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:13
Last Modified: 23 Aug 2012 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item