Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang


Ruwaida Hikmah, 1402408236 (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia menurut KTSP diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hasil observasi di kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang didapatkan guru dalam mengajar belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan belum menggunakan media yang bervariasi pula. Kegiatan belajar mengajar berlangsung membosankan, siswa kurang antusias dan kurang semangat. Hal ini mengakibatkan prestasi keterampilan berbicara siswa rendah. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang, akan dilakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Role Playing dengan media video pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Tambak Aji 03 Semarang pada pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan model Role Playing dengan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata keterampilan guru pada siklus I adalah 28,57 dengan kriteria baik. Skor rata-rata keterampilan guru pada siklus II meningkat menjadi 37,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 28,34 dengan kriteria baik. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 37,61 dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada siklus I mencapai 78%. Persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada Siklus II meningkat menjadi 88%. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang. Saran yang diberikan adalah model Role Playing dengan media video pembelajaran perlu diterapkan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran keterampilan berbicara karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, model Role Playing dengan media video pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:04
Last Modified: 23 Aug 2012 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item