Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang


Setyaningyan , 1402408232 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Dengan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mengembangkan kecerdasan nilai-nilai sosial dan kerjasama. Hasil observasi di SDN Tambakaji 03 didapatkan guru dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan tidak memanfaatkan alat peraga dengan maksimal sehingga mengakibatkan aktivitas siswa,hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas VA SDN Tambakaji 03 dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dengan media video pembelajaran. Rumusan masalah umum dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang?sedangkan rumusan khususnya yaitu apakah dengan menggunakan model Role Playing dengan menggunakan video pembelajaran pada siswa kelas VA SDN Tambakaji 03 keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing dengan video pembelajaran pada siswa kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran yang dilakukan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas VA SDN Tambakaji 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata Hasil rata-rata keterampilan guru pada siklus I adalah 21 kriterianya baik, Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 28 kriterianya baik. Siklus III sebesar 32 kriterianya sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata -rata skor 21,75 kriterinyaa cukup, pada Siklus II sebesar 27,29 kriterianya baik. Siklus III mengalami peningkatan sebesar 31,45 kriterianya sangat baik. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 59,5 pada Siklus II 70,3 Siklus III sebesar 86,7 . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Role Playing dengan media video pembelajaran kualitas pembelajaran IPS meningkat yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru dalam pembelajaran perlu menggunakan model Role Playing dengan video pembelajaran dan disesuaikan dengan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, model pembelajaran Role Playing, media video pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 02:01
Last Modified: 23 Aug 2012 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item