Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang


Dhomas Ikhtiari Wahyu Sayekti, 1402408198 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah kurang adanya minat dan motivasi belajar pada siswa, minimnya interaksi siswa dalam pembelajaran, serta kurang adanya hubungan kerja sama antara guru dan siswa. Rumusan masalah adalah (1) Apakah melalui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan guru kelas IV SDN Pakintelan 03 dalam mengelola pembelajaran IPA? (2) Apakah melalui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 pada pembelajaran IPA? (3) Apakah melalui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 pada pembelajaran IPA?. Tujuan Penelitian ini adalah Meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 melalui model pembelajaran Quantum Teaching. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan yaitu penerapan model Quantum Teaching, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pakintelan 03 Semarang, dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian meunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I, memperoleh skor 25 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II keterampilan guru mendapatkan skor sebanyak 33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15.15 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor sebanyak 19.9 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 63.35% dari jumlah siswa, dan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 81.7% dari jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajarpada siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Model Quantum Teaching meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga disarankan dapat diterapkan pada pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Quantum teaching, Kualitas Pembelajaran, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:53
Last Modified: 23 Aug 2012 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item