Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas III SDN Karangayu 01 Kota Semarang melalui Model Numbered Head Together dengan Berbantuan Media Gambar


Maulida Nur Fitriana, 1402408171 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas III SDN Karangayu 01 Kota Semarang melalui Model Numbered Head Together dengan Berbantuan Media Gambar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas III SDN Karangayu 01 Kota Semarang melalui Model Numbered Head Together dengan Berbantuan Media Gambar] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas III SDN Karangayu 01 Kota Semarang melalui Model Numbered Head Together dengan Berbantuan Media Gambar) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Dari hasil observasi awal menunjukkan pembelajaran IPS di kelas III SDN Karangayu 01 kota Semarang masih belum optimal. Kurangnya minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS, guru masih bersifat konvensional, kurang bervariasi dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif menjadi penyebabnya. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Dari 38 siswa hanya 18 siswa (47,36%) memperoleh nilai diatas KKM yaitu 60, sedangkan 20 siswa (52,63%) mendapat nilai dibawah KKM. Dari pengamatan awal terlihat bahwa nilai terendah 35 dan nilai tertinggi 85 dan rata-rata kelas 59,95. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Numbered Head Together dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi aspek keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi aspek keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model Numbered Head Together dengan berbantuan media gambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 38. Terdiri dari 17 laki-laki dan 21 perempuan. Hasil penelitian diperoleh keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 58,3% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 77,78% dengan kategori baik, dan siklus III meningkat menjadi 94,4% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase 55,26% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 65,12% dengan kategori baik. Dan pada siklus III menjadi 76,21% dengan kategori baik. Hasil belajar pada siklus I mengalami ketuntasan sebesar 68,42% dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat menjadi 78,94% dengan kategori baik dan pada siklus III hasil belajar meningkat dengan persentase ketuntasan 84,24% dengan kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian yakni melalui model Numbered Head Together dengan berbantuan media gambar kualitas pembelajaran dapat meningkat. Saran bagi guru agar dapat melakukan penelitian lanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas. Dan saran bagi sekolah, agar lebih meningkatkan fasilitas pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, hasil belajar, keterampilan guru, media gambar, model Numbered Head Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:29
Last Modified: 23 Aug 2012 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item