Penelitian Tindakan Kelas, 2012.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Berbasis CD Interaktif Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang


Joko Sarjono, 1402408170 (2012) Penelitian Tindakan Kelas, 2012.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Berbasis CD Interaktif Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penelitian Tindakan Kelas, 2012.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Berbasis CD Interaktif Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang] Microsoft Word (Penelitian Tindakan Kelas, 2012.Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model NHT (Numbered Heads Together) Berbasis CD Interaktif Pada Siswa Kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan pelajaran yang diberikan dari jenjang Sekolah Dasar sampai jenjang pendidikan Sekolah Menengah. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SDN Gajahmungkur 02 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas IV. Permasalahan pembelajaran IPS di SDNGajahmungkur 02 Semarang yaitu guru kurang inovatif dalam pembelajaran dan kurang memaksimalkan penggunaan media. Selain itu, siswa kurang antusias, tidak memperhatikan, kurang aktif dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa belum sesuai KKM. Pembelajaran dengan model NHT (numbered heads together) berbasis CD interaktif adalah upaya untuk mengatasi masalah tersebut.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah modelnumbered heads togetherberbasis CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang?.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan modelnumbered heads togetherberbasis CD interaktif. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan modelnumbered heads togetherberbasis CD interaktifdapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yaitu: (1) Keterampilan guru siklus I dengan skor17 dalam kategori cukup, siklus II dengan skor25 dalam kategori baik dan siklus III dengan skor 29 dalam kategori sangat baik,(2) Aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata skor9,32 dalam kategori cukup, siklus II dengan rata-rata skor13,09 dalam kategori baik dan siklus III dengan rata-rata skor17, 09 dalam kategori sangat baik, (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 59, 09%, siklus II dengan persentase 68, 18% dan siklus III dengan persentase 81, 81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui modelnumbered heads togetherberbasis CD interaktifdapat meningkatkankualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru adalahpembelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang selama ini diterapkan sebaiknya diganti menggunakan pembelajaran inovatif yaitu model numbered heads together berbasis CD interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS,Model NHT, Media CD interatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:15
Last Modified: 23 Aug 2012 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item