Persepsi Anak tentang Pekerjaannya sebagai Pedagang Asongan di Stasiun Besar Kota Tegal.


Diyah Ayu.Rohmania, , 1201407025 (2011) Persepsi Anak tentang Pekerjaannya sebagai Pedagang Asongan di Stasiun Besar Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Anak tentang Pekerjaannya sebagai Pedagang Asongan di Stasiun Besar Kota Tegal.] Microsoft Word (Persepsi Anak tentang Pekerjaannya sebagai Pedagang Asongan di Stasiun Besar Kota Tegal.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kondisi sosial keluarga yang rendah akibat dililit kemiskinan sehingga segala pembiayaan untuk pemenuhan kebutuhan anak seringkali tidak dapat terpenuhi dengan baik dan keadaan ini memacu anak untuk secara sadar atau tidak sadar bersikap mandiri berusaha untuk membantu keluarganya. Dengan demikian fenomena pekerja anak ini terjadi dibanyak tempat. Demikian pula halnya dengan anak yang bekerja sebagai pedagang asongan di Stasiun Besar Kota Tegal, diusia mereka yang relatif masih muda sudah menemukan peranannya yang cukup produktif dengan menjual minuman dingin untuk memenuhi kebutuhannya sendiri bahkan membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi anak tentang pekerjaannya sebagai pedagang asongan, 2) Bagaimana cara pekerja anak dalam mengelola penghasilan yang didapat dari pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 7 pedagang asongan anak dan 5 informan. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teori. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Persepsi anak tentang pekerjaannya sebagai pedagang asongan adalah anak menganggap bahwa keputusannya untuk bekerja merupakan kewajiban dan tanggungjawab mereka sebagai anak dalam membantu orang tua mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. 2) Cara anak mengelola penghasilan yang didapatnya dari bekerja sebagai pedagang asongan adalah kebanyakan uang yang mereka peroleh diberikan kepada orang tua. Kontrol pengeluaran uang masih berada pada orang tua dan sedikit diantara mereka yang mengelola penghasilannya sendiri. Simpulan penelitian yaitu persepsi anak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal yang meliputi: dorongan dari diri anak sendiri, faktor ekonomi keluarga, faktor sosial, budaya dan lingkungan. Saran yang dapat direkomendasikan yaitu 1) Program pendampingan lebih ditujukan untuk mengangkat dan mengembangkan pekerja anak, baik dari segi pengembangan kualitas kerja (to develop skill) maupun pengembangan pribadi sebagai manusia (to develop personality). 2) Hendaknya orang tua lebih memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan anak-anak mereka. Dan para orang tua harus mengelola penghasilan yang didapat anak dengan sebijak mungkin agar kebutuhan dasar anak tetap terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pekerja Anak, Pedagang Asongan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:12
Last Modified: 23 Aug 2012 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14036

Actions (login required)

View Item View Item