Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Metode Pembelajaran Modeling the Way Pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Krapyak Kota Semarang


Pristya Dinambar Hunatali, 1402408160 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Metode Pembelajaran Modeling the Way Pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Krapyak Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi  melalui Metode Pembelajaran Modeling the Way Pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Krapyak Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Metode Pembelajaran Modeling the Way Pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Krapyak Kota Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Berdasarkan observasi kelas IV B SD Negeri Krapyak kota Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru kurang maksimal dalam menggunakan keterampilan mengajar berdampak pada rendahnya aktivitas siswa. Kurang variasi dan inovasi dalam pembelajaran membuat siswa merasa bosan. Hal tersebut berdampak keterampilan menulis siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah : (1)Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengajarkan menulis deskripsi melalui modeling the way pada siswa kelas IV B SD Negeri Krapyak? (2)Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui modeling the way pada siswa kelas IV B SD Negeri Krapyak? (3)Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui modeling the way pada siswa kelas IV B SD Negeri Krapyak? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran melalui modeling the way. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 15 siswa kelas IV B SD Negeri Krapyak kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, metode tes dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan rerata skor 2,95 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat rerata skor 3,59 dengan kategori baik sekali. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat skor 2,96 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 3,45 dengan kategori baik sekali. Persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 57,15% dan mengalami peningkatan kembali pada rata-rata siklus II yaitu 77%. Simpulan dari penelitian ini adalah modeling the way dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa. Siswa diharapkan membiasakan diri menambah wawasan dengan membaca referensi sehingga siswa lebih terampil menulis dengan baik yang meliputi penggunaan ejaan, ketepatan isi dengan tema, struktur kalimat, koherensi dan kohesi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis deskripsi, modeling the way
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2012 01:11
Last Modified: 23 Aug 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14035

Actions (login required)

View Item View Item