Penyelenggaraan kursus Berbasis Dunia Kerja (Studi Kasus Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Astagina Tegal


Ria Rizkiyani,, 1201407004 (2011) Penyelenggaraan kursus Berbasis Dunia Kerja (Studi Kasus Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Astagina Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penyelenggaraan kursus Berbasis Dunia Kerja (Studi Kasus Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Astagina Tegal] Microsoft Word (Penyelenggaraan kursus Berbasis Dunia Kerja (Studi Kasus Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Astagina Tegal) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah pengangguran merupakan masalah penting karena sangat besar sumbangannya terhadap tingkat kemiskinan serta dapat menimbulkan kerawanan sosial, ekonomi, dan keamanan. Dengan adanya kursus yang berbasis dunia kerja diharapkan dapat membantu permasalahan pengangguran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pendampingan lulusan yang dilakukan oleh lembaga Pusdikom Astagina Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pendampingan lulusan di Pusdikom Astagina. Penelitian dilaksanakan di Pusdikom Astagina Tegal. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini berjumlah 17 orang yakni 1 penyelenggara, 1 pengelola, 3 instruktur, 3 peserta didik, 3 alumni yang bekerja, 3 alumni yang belum bekerja dan 3 alumni yang berwirausaha. keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses perencanaan meliputi tujuan lembaga membangun SDM yang tangguh dan mandiri dibidang IT, menggunakan kurikulum tuntuntan kebutuhan pasar kerja. Instruktur memiliki kompetensi dibidang IT, sasaran peserta dari semua kalangan yang membutuhkan pendidikan komputer. (2) Pelaksanaan meliputi metode praktek dan teori, pada proses pembelajaran terjadi komunikasi tanya jawab dan diskusi. Tiap peserta mendapat pembelajaran 1 minggu 4 kali selama 2 jam/pertemuan. Adanya fasilitas internet, modul dan instruktur yang membelajarkan. Menciptakan komunikasi yang baik agar peserta merasa nyaman dalam belajarnya. Evaluasi pembelajaran secara teori, lisan dan praktek. (3) Evaluasi yakni adanya standar warga belajar, instruktur, kurikulum, proses belajar, praktek kerja dan permagangan, sarana dan prasarana, evaluasi hasil belajar, prosedur pengujian. (4) Pendampingan yang dilakukan oleh lembaga untuk alumni yang bekerja dan yang berwirausaha berupa pendampingan sebagai partner sharing. Waktunya sesuai kebutuhan 1x24jam. Simpulan penelitian adalah dalam penyelenggaraan kursus komputer sudah cukup baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Penulis mengajukan saran kepada lembaga yakni diharapkan untuk lulusan yang belum mendapat pekerjaan juga mendapatkan pendampingan khusus agar mendapatkan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan, Kursus Komputer, Berbasis Dunia Kerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 00:46
Last Modified: 23 Aug 2012 00:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14027

Actions (login required)

View Item View Item