Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Jawa Melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 04
Khilda Fauziya, 1402408102 (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Jawa Melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Jawa Melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas VA SDN Tambakaji 04)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Berdasarkan refleksi awal pada kegiatan prasiklus diperoleh permasalahan pada pembelajaran keterampilan membaca pemahaman bahasa Jawa siswa kelas VA SDN Tambakaji 04 belum maksimal, dikarenakan: (1) guru kurang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran; (2) guru kurang memperhatikan keterlibatan siswa berpikir tentang bacaan; (3) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah terlihat dari pemahaman siswa terhadap teks bacaan. Siswa mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar siswa hanya 36,36% dengan nilai rata-rata 56,56. Untuk itulah diperlukan alternatif perbaikan dengan menerapkan strategi DRTA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Jawa melalui strategi DRTA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Tambakaji 04. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor 28,5 dengan kategori baik kemudian meningkat pada siklus II yang mendapat rata-rata skor 36 dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas siswa siklus I mendapat rata-rata skor 26,4 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II mendapat rata-rata skor 32,4 dengan kategori baik; (3) Hasil belajar siswa siklus I mendapat nilai rata-rata 59,4 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 52,27% dan siklus II nilai rata-rata 76,5 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 81,82%. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II > 75% sehingga dinyatakan berhasil. Simpulan penelitian ini adalah melalui strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Jawa meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran bagi guru adalah untuk menerapkan strategi DRTA dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jawa karena dapat membantu siswa memahami teks cerita dan membuat siswa lebih aktif dalam proses membaca.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca pemahaman, bahasa Jawa, strategi DRTA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Aug 2012 00:41 |
Last Modified: | 23 Aug 2012 00:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14025 |
Actions (login required)
View Item |