Best Practices Perakitan Mobil dan Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Semarang


Sony Zulfikasari, 1102408035 (2012) Best Practices Perakitan Mobil dan Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Best Practices Perakitan Mobil dan Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Semarang] Microsoft Word (Best Practices Perakitan Mobil dan Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Semarang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Keberhasilan SMK N 1 Semarang dalam merakit mobil pick up dan lainnya, membuat peneliti tertarik untuk mengetahui kiat–kiat terbaik (Best Practices) dalam perakitan mobil dan sepeda motor, hasil dari penelitian ini sebagai wawasan baru dalam perakitan mobil dan sepeda motor.Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dengan datang langsung ke bengkel perakitan, dan dokumentasi.Penelitian yang dilaksanakan dari bulan Februari sampai Maret menghasilkan bahwa perakitan mobil dan sepeda motor adalah kurikulum ekstrakurikuler tidak termasuk kedalam satu mata pelajaran. Kiat-kiat terbaik secara keseluruhan dari perencanaan sampai evaluasi perakitan mobil dan sepeda motor di SMK N 1 Semarang sebagai berikut: (1). Perakitan kendaraan mobil dan Sepeda Motor di SMK N 1 Semarang termasuk ke dalam kurikulum, yaitu kurikulum ekstrakurikuler. (2). Pelaksanaan perakitan hanya berdasar MoU. (3). Aktif dalam program pemerintah dan pengusulan. (4). Pelaksanaan perakitan tidak sepenuhnya memenuhi tahapan pengembangan kurikulum berupa perencanaan (analisis kebutuhan sampai dengan penyiapan dokumen kurikulum), implementasi, serta evaluasi. (5). Pembelajarannya menekankan pada learning by doing, yaitu melakukan pembelajaran sambil belajar. (6). Sistematis. (7). Fasilitas yang memadahi. (8). Adanya terget ketercapaian. (9). Tidak mengabaikan pengawasan mutu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Best Practices, Perakitan Mobil dan Sepeda Motor, Kurikulum Berbasis Muatan Lokal
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Aug 2012 00:42
Last Modified: 23 Aug 2012 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item