Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Berbasis Compact Disc Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang
Lulut Ulfatin, 1402408085 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Berbasis Compact Disc Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Berbasis Compact Disc Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran PKn di kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang menunjukkan hasil belajar siswa yang belum maksimal, terlihat dari guru belum bisa menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif, keterampilan guru dalam mengkondisikan kelas dan menarik perhatian siswa dalam pembelajaran masih belum maksimal sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Rumusan masalah pada penelitian yaitu apakah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model koooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis Compact Disc pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis Compact Disc. Manfaat penelitian adalah untuk menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran PKn dan membantu siswa dalam pelaksanaan pembelajaran PKn dengan penerapan model kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis Compact Disc. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, masing-masing siklus satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang, siswa berjumlah 34, yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Variabel pada penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe think-Pair-Share berbasis Compact Disc mengalami peningkatan. Keterampilan guru, pada sikus I mencapai persentase 77,78% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 83,33% dengan kriteria sangat baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,67% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa, pada siklus I memperoleh persentase 75,6% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 85,36% dengan kriteria sangat baik dan pada siklus III meningkat menjadi 90,99% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar, pada siklus I yaitu 69,7% dengan kriteria tinggi, pada siklus II menjadi 73,53% dengan kriteria tinggi dan pada siklus III menjadi 87,88% dengan kriteria sangat tinggi. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui model kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis Compact Disc dapat meningkatkan kualitas keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Saran bagi guru sebaiknya memilih model pembelajaran dan media yang bervariasi dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model kooperatif tipe Think-Pair-Share berbasis Compact Disc.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran PKn, Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 Aug 2012 05:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2012 05:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14001 |
Actions (login required)
View Item |