Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui PAKEM dengan Berbantuan Educational Creative Games di Kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang
Yuyun Amalia, 1402408067 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui PAKEM dengan Berbantuan Educational Creative Games di Kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui PAKEM dengan Berbantuan Educational Creative Games di Kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang)
- Published Version
Download (36kB) |
Abstract
Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah tingkat dasar. Pemberian mata pelajaran IPS di tingkat dasar dimaksudkan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kemampuan praktis agar mereka dapat menelaah, mempelajari dan mengkaji fenomena-fenomena serta masalah sosial yang ada disekitar mereka. Hasil observasi awal di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas V. Guru masih menggunakan metode ceramah yang dominan sehingga siswa kurang aktif, media yang digunakan kurang bervariasi, rendahnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 23%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas V peneliti menggunakan pendekatan PAKEM dengan berbantuan Educational Creative Games. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui PAKEM dengan berbantuan Educational Creative Games dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang pada mata pelajaran IPS?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang mencakup keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui PAKEM dengan berbantuan Educational Creative Games. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang tahun ajaran 2011/2012. Variabel penelitian : (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, (3) hasil belajar siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata keterampilan guru pada siklus I memperoleh 59% dengan kualifikasi cukup, siklus II 81% dengan kualifikasi baik dan siklus III 88% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 62% dengan kualifikasi cukup, siklus II 72% dengan kualifikasi baik dan siklus III 85% dengan kulifikasi sangat baik. (3) Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63,85 dengan ketuntasan klasikal 48,7% , siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 77,76 dengan ketuntasan klasikal 76,9%, siklus III memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85,96 dengan ketuntasan klasikal 89,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui PAKEM dengan berbantuan Educational Creative Games dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah untuk menjadi pendidik yang profesional maka hendaknya guru selalu mengasah terus kemampuannya baik disegala bidang pendidikan khususnya dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model dan media yang bervariasi dan sesuai dengan materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pembelajaran IPS, PAKEM, Educational Creative Games |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 Aug 2012 04:45 |
Last Modified: | 16 Aug 2012 04:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13996 |
Actions (login required)
View Item |