Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang


Tri Hartanti, 1402408060 (2012) Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang] Microsoft Word (Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran IPS saat PPL menunjukkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang relatif rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65. Namun, hanya 32,5% (14 dari 43 siswa) mendapat nilai 65 ke atas atau tuntas belajar, sedangkan 29 siswa (67,5%) belum tuntas. Nilai terendah 20, tertinggi 85 dan rata-rata 52,44. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor penyebab kesulitan belajar IPS, yaitu banyaknya materi, siswa kurang aktif dan antusias, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi belajar, akhirnya nilai yang diperoleh rendah. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping agar suasana belajar mengajar menjadi kondusif, keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar meningkat. Rumusan masalah penelitian: apakah penerapan model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar IPS di kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang? Tujuan penelitian yaitu meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang. Jumlah siswa sebanyak 43 orang, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Variabel penelitian meliputi aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model mind mapping siklus I (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 20,5 kriteria baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 31 kriteria sangat baik. Keterampilan guru memperoleh rata-rata skor siklus I yaitu 23 kriteria baik, meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 29,5 kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 72 % atau 31 dari 43 siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 72, sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 90 % atau 39 dari 43 siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 78. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran IPS kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang. Saran yang diberikan adalah agar model mind mapping dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model mind mapping, kualitas pembelajaran, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 04:36
Last Modified: 16 Aug 2012 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13995

Actions (login required)

View Item View Item