Meningkatkan Self Efficacy Terhadap Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Homework Assigments Pada Siswa Kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Kemangkon Kabupaten Purbalingga


Ismarini Bekti Setiani, 1301407012 (2012) Meningkatkan Self Efficacy Terhadap Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Homework Assigments Pada Siswa Kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Self Efficacy Terhadap Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Homework Assigments Pada Siswa Kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Kemangkon Kabupaten Purbalingga] Microsoft Word (Meningkatkan Self Efficacy Terhadap Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Konseling Rasional Emotif Dengan Teknik Homework Assigments Pada Siswa Kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Kemangkon Kabupaten Purbalingga) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Self efficacy merupakan hal yang penting dalam menentukan suatu prestasi akademik siswa. Fenomena yang ada di SMP Negeri 3 Kemangkon Purbalingga menunjukkan beberapa siswa kelas VIIA dan VIIB mengalami permasalahan belajar pada mata pelajaran matematika yaitu siswa memiliki self efficacy rendah pada pelajaran matematika yang menyebabkan siswa memiliki prestasi yang rendah pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah self efficacy terhadap pelajaran matematika siswa dapat ditingkatkan melalui konseling perorangan dengan pendekatan rasional emotif teknik homework assigments. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subyek penelitian ini, siswa kelas VII A dan VII B SMP Negeri 3 Kemangkon Purbalingga yang memiliki masalah self efficacy terhadap pelajaran matematika rendah sehingga menyebabkan nilai pelajaran matematika rendah yaitu sebanyak 6 siswa (AL, LA, MY, MA, LH, dan YI). Metode pengumpulan data menggunakan skala self efficacy terhadap pelajaran matematika. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil pre-test, menunjukkan bahwa self efficacy terhadap pelajaran matematika 6 siswa termasuk kriteria rendah yaitu dengan rata-rata persentase sebesar 48%. Hasil post-test, menunjukkan peningkatan self efficacy terhadap pelajaran matematika pada 6 siswa dengan persentase rata-rata peningkatan sebesar 26 % yaitu meningkat menjadi kriteria tinggi dengan persentase rata-rata sebesar 74%. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa layanan konseling individu pendekatan konseling rational emotif dengan teknik homework assigments berpengaruh positif atau dapat meningkatkan self efficacy terhadap mata pelajaran matematika pada siswa kelas VIIA dan VIIB SMP N 3 Kemangkon. Simpulan dari penelitian ini adalah self efficacy terhadap mata pelajaran matematika siswa dapat ditingkatkan menggunakan konseling rasional emotif teknik homework assigments. Saran bagi siswa yaitu dapat mempertahankan self efficacy yang tinggi terhadap pelajaran matematika dengan tetap berpikir positif pada permasalahan belajar matematika yang dialami. Bagi guru pembimbing hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan self efficacy terhadap pelajaran matematika sehingga siswa dapat memiliki prestasi yang baik di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self efficacy, mata pelajaran matematika, konseling rasional emotif, teknik homework assigments.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 04:00
Last Modified: 16 Aug 2012 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item