Model Pembelajaran Kelincahan dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas V SDN 1 Sendang Dawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kenda


Mega Iswati, 6102909102 (2011) Model Pembelajaran Kelincahan dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas V SDN 1 Sendang Dawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kenda. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Kelincahan dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas V SDN 1 Sendang Dawung  Kecamatan Kangkung Kabupaten Kenda] Microsoft Word (Model Pembelajaran Kelincahan dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas V SDN 1 Sendang Dawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kenda) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran kelincahan melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas V SDN 1 Sendang Dawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran kelincahan yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD N 1 Sendang Dawung melalui pendekatan lingkungan persawahan dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran kelincahan melalui pendekatan lingkungan persawahan), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 10 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 25 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran kelincahan melalui pendekatan lingkungan persawahan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan uji lapangan (25 siswa). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 86,67% (baik), dan persentase hasil uji lapangan 96,13% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran kelincahan melalui pendekatan lingkungan persawahan ini dapat digunakan untuk siswa kelas V SDN 1 Sendang Dawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar menerapkan produk model pembelajaran kelincahan melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas V dalam pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Aug 2012 02:26
Last Modified: 16 Aug 2012 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item View Item