Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas III SD N 1 Brangsong Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011
Ainul Mardhiyah, 6102909019 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas III SD N 1 Brangsong Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan pada Siswa Kelas III SD N 1 Brangsong Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dari diadakannya penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SDN 1 Brangsong Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2010/2011. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan keseimbangan gerak yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas III SD N 1 Brangsong yang berupa model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan bagi siswa kelas III SD N 1 Brangsong dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran keseimbangan gerak di lingkungan persawahan), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 16 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 52 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan bagi siswa kelas III SD N 1 Brangsong yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (16 siswa kelas III SD N 1 Brangsong), dan uji lapangan (52 siswa kelas III SD N 1 Brangsong). Data yang diperoleh berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 97% (sangat baik), dan persentase hasil uji lapangan 100% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran keseimbangan gerak di lingkungan persawahan ini dapat digunakan untuk siswa kelas III SD N 1 Brangsong Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar menerapkan produk model pembelajaran keseimbangan gerak di lingkungan persawahan pada siswa kelas III dalam pembelajaran Penjasorkes.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 Aug 2012 02:09 |
Last Modified: | 16 Aug 2012 02:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13978 |
Actions (login required)
View Item |