Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Analisis SWOT Melalui Talking Chips Dengan Menggunakan Audio Visual Siswa Kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Nina Farliana, 7101408296 (2012) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Analisis SWOT Melalui Talking Chips Dengan Menggunakan Audio Visual Siswa Kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Analisis SWOT Melalui Talking Chips Dengan Menggunakan Audio Visual Siswa Kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Analisis SWOT Melalui Talking Chips Dengan Menggunakan Audio Visual Siswa Kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Kewirausahaan adalah salah satu mata pelajaran yang yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berfokus pada pembentukan diri peserta didik untuk menjadi wirausaha yang cerdas, kritis, terampil dan berkarakter sesuai dengan semangat wirausaha. Salah satu kompetensi dasar yang diajarkan adalah membuat keputusan. Dalam kompetensi dasar ini siswa diberikan materi pembelajaran tentang solusi pemecahan masalah, komunikasi keputusan dan analisis SWOT. Hasil observasi awal di SMK Negeri 2 Semarang diperoleh data bahwa pembelajaran Kewirausahan dengan kompetensi dasar membuat keputusan di kelas X-PM 2 memiliki indikator keberhasilan yang rendah. Permasalahan dalam penelitian adalah sebanyak 80,41% siswa mengalami ketidaktuntasan dalam belajar atau dengan kata lain ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 19,59%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar analisis SWOT pada siswa kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2011/2012, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode talking chips dengan bantuan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi (post test) dan lembar kerja siswa (LKS) tiap akhir siklus dan lembar observasi aktivitas untuk siswa dan guru. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 82,80 dengan ketuntasan klasikal 87,10%. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 88,59 dengan ketuntasan klasikal 100%. Adapun aktivitas siswa terhadap pembelajaran pada siklus I sebesar 72,50% dan pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 10% menjadi 82,50%. Sedangkan kinerja guru pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,57%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-PM 2 SMK Negeri 2 Semarang pada mata pelajaran Kewirausahaan materi pokok analisis SWOT dengan menggunakan metode kooperatif talking chips. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: Guru diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi misalnya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif lainnya untuk setiap kompetensi dasar yang diajarkan. Guru hendaknya memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang lebih inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Siswa hendaknya lebih membuka diri untuk menerima pembagian anggota kelompok sehingga terjadi pemerataan anggota kelompok dan siswa dapat saling bertukar fikiran dan bekerja sama dalam anggota kelompok serta menerima pendapat anggota kelompok yang lain. Selain itu siswa diharapkan lebih memperkaya kepekaan terhadap berbagai masalah-masalah wirausaha yang ada dilingkungan sekitar serta mampu menganalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Bagi siswa yang kurang jelas dalam menerima penjelasan guru maka sebaiknya siswa lebih aktif bertanya pada guru maupun pada teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, Metode Talking Chips. Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 12:22
Last Modified: 14 Aug 2012 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item