Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda, Nilai-nilai Kewirausahaan dan Kecerdasan Menghadapi Rintangan terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Batang


Mugiono, 7101407245 (2011) Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda, Nilai-nilai Kewirausahaan dan Kecerdasan Menghadapi Rintangan terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda, Nilai-nilai Kewirausahaan dan Kecerdasan Menghadapi Rintangan terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Batang] Microsoft Word (Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda, Nilai-nilai Kewirausahaan dan Kecerdasan Menghadapi Rintangan terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Batang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Intensi berwirausaha adalah salah satu dasar seseorang untuk menjadi seorang wirausaha. Sekolah menengah kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang menyiapkan siswa menjadi sumberdaya manusia yang siap kerja dan bisa bekerja secara mandiri (wirausaha) setelah lulus. Peranan pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan dan Kecerdasan dalam Menghadapi Rintangan sangatlah mempengaruhi intensi berwirausaha. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan, kecerdasan dalam menghadapi rintangan dan intensi berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Batang, (2) Mengetahui pengaruh pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan dan kecerdasan dalam menghadapi rintangan terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Batang, dan (3) Menganalisis besaran pengaruh pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan dan kecerdasan dalam menghadapi rintangan terhadap intensi berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Batang baik secara bersama-sama maupun parsial. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah 908 siswa. Sampel diperoleh 108 siswa dilakukan dengan stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan dan kecerdasan dalam menghadapi rintangan sebagai variabel bebas (X) dan variabel intensi berwirausaha sebagai variabel terikat (Y). Alat pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui pendidikan sistem ganda termasuk kategori baik, nilai-nilai kewirausahaan termasuk kategori tinggi, kecerdasan dalam menghadapi rintangan termasuk kategori tinggi dan intensi berwirausaha termasuk kategori tinggi. Berdasarkan analisis regresi berganda diketahui pengaruh pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan dan kecerdasan dalam menghadapi rintangan secara bersama-sama terhadap intensi berwirausaha adalah 52,5% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial, kontribusi pengaruh pendidikan sistem ganda, nilai-nilai kewirausahaan dan kecerdasan dalam menghadapi rintangan terhadap intensi berwirausaha masing-masing sebasar 12,39%, 18,92% dan 3,84% Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi semua pihak baik siswa, guru, sekolah dan orang tua. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada sekolah perlu mendatangkan pengusaha atau mengujungi pengusaha-pengusaha sukses untuk meningkatkan intensi berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sistem Ganda, Nilai-nilai Kewirausahaan, Kecerdasan dalam Menghadapi Rintangan, Intensi Berwirausaha
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 12:00
Last Modified: 14 Aug 2012 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13920

Actions (login required)

View Item View Item