Pengaruh Size, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Kepemilikan Manajemen Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Social Disclosure) Pada Perusahaan Manufaktur yang Telah Go Pubblic yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia


Harliawan Danar Adhi Saputro, 7250406605 (2012) Pengaruh Size, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Kepemilikan Manajemen Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Social Disclosure) Pada Perusahaan Manufaktur yang Telah Go Pubblic yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Size, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Kepemilikan Manajemen Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Social Disclosure) Pada Perusahaan Manufaktur yang  Telah Go Pubblic yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia] Microsoft Word (Pengaruh Size, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Kepemilikan Manajemen Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Social Disclosure) Pada Perusahaan Manufaktur yang Telah Go Pubblic yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan suatu kewajiban perusahaan yang tidak hanya menyediakan barang atau jasa baik bagi masyarakat maupun juga dalam mempertahankan kualitas lingkungan sosialnya secara fisik maupun memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat dimana mereka berada. Perusahaan bertanggung jawab secara sosial ketika manajemennya memiliki visi atas kinerja operasionalnya, tidak hanya mengutamakan atas laba atau profit perusahaan tetapi juga dalam menjalankan aktivitasnya, memperhatikan lingkungan yang ada disekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini bertujuan memberi gambaran tentang pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia dan mengetahui pengaruh size, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2009. Sampel berjumlah 19 perusahaan yang diambil secara purposive sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pengungkapan tanggung jawab sosial, terikat yaitu size, profitabilitas, ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manajemen perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2009 menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh signifikan faktor-faktor size, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia belum bisa dikatakan baik karena rata-rata pengungkapan hanyalah sebesar 0,45% dari total pengungkapan. Secara parsial hanya profitabilitas dan ukuran dewan komisaris yang berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Saran yang diberikan kepada para peneliti selanjutnya yaitu sampel yang dipilih sebaiknya lebih banyak dan mencakup keseluruhan perusahaan, agar lebih menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Size, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Manajemen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 10:17
Last Modified: 14 Aug 2012 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13905

Actions (login required)

View Item View Item