Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Auditor Terhadap Hasil Opini Audit Going Concer


Indah Noormalasari, 7250408018 (2012) Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Auditor Terhadap Hasil Opini Audit Going Concer. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran  Perusahaan dan Reputasi Auditor Terhadap Hasil Opini Audit Going Concer] Microsoft Word (Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Auditor Terhadap Hasil Opini Audit Going Concer) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Going concern merupakan keberlangsungan dari suatu usaha untuk jangka waktu yang panjang. Ketika suatu perusahaan mendapat opini audit going concern maka tidak banyak dari investor yang akan menanamkan modalnya karena opini audit going concern yang diperoleh perusahaan menandakan bahwa perusahaan itu akan bangkrut. Dan opini audit going concern yang tidak diharapkan akan menurunkan harga saham perusahaan dan menurunkan kepercayaan dari masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kondisi keuangan perusahaan, ukuran perusahaan dan reputasi auditor terhadap hasil opini audit going concern. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2010 yang berjumlah 146 perusahaan. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dihasilkan sampel sebanyak 21 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik dengan α 0,05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kondisi keuangan perusahaan, ukuran perusahaan dan reputasi auditor. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil opini audit going concern. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kondisi keuangan perusahaan berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern (0,000 < 0,05). Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern (0,059 > 0,05). Reputasi auditor tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern (0,493 < 0,05), dan nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 0,754 atau kemampuan ketiga variabel untuk menjelaskan opini audit going concern sebesar 75,4% sedangkan opini audit going concern dapat dijelaskan oleh variabel lain sebesar 24,6% . Saran bagi penelitian berikutnya agar menggunakan alat ukur lain pada variabel yang sama, dan menambah jangka waktu pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Keuangan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor dan Opini Audit Going Concern
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Aug 2012 10:05
Last Modified: 14 Aug 2012 10:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item