Sistem Perkawinan masyarakat Samin di Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora


Ana Nur Rahmawati, 2151407019 (2012) Sistem Perkawinan masyarakat Samin di Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sistem Perkawinan masyarakat Samin di Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora] Microsoft Word (Sistem Perkawinan masyarakat Samin di Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Masyarakat Samin merupakan masyarakat yang mempunyai pedoman dan pandangan hidup dalam menjalani kehidupan. Salah satu dari kebudayaan masyarakat Samin adalah perkawinan yang masih kental dengan adat-istiadat dari leluhurnya yaitu ki Samin Surosentiko. Perkawinan tersebut mempunyai tahapan-tahapan yang harus dijalankan oleh masyarakat Samin dan dalam perkawinan tersebut juga terdapat ungkapan-ungkapan tradisional yang diwujudkan dalam setiap proses perkawinan dari awal sampai akhir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur ungkapan tradisional dalam sistem perkawinan masyarakat Samin dan kedudukan budaya dalam sistem perkawinan masyarakat Samin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan struktur ungkapan tradisional dalam sistem perkawinan masyarakat Samin. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kedudukan budaya dalam sistem perkawinan masyarakat Samin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metodologis dan pendekatan teoretis. Pendekatan metodologis yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatan teoretis yang digunakan yaitu pendekatan sosiokultural. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Samin dalam menjalankan perkawinan masih tetap berpegang teguh terhadap ajaran dari leluhurnya yaitu Ki Samin Surosentiko. Selain itu, dalam setiap tahapan perkawinan terdapat sebuah ungkapan-ungkapan tradisional. Ungkapan tersebut mempunyai makna terhadap tahapan-tahapan perkawinan yang dilaksanakan oleh masyarakat Samin. Kedudukan budaya dalam sistem perkawinan masyarakat Samin yaitu perkawinan masyarakat Samin mempunyai hubungan dan keterkaitan dengan unsur-unsur dari sebuah kebudayaan yaitu bahasa, religi, dan sistem organisasi kemasyarakatan (sosial). Berdasarkan temuan penelitian ini, saran yang dapat diberikan yaitu perkawinan masyarakat Samin merupakan warisan kebudayaan dari ki Samin Surosentiko yang tetap dipertahankan oleh masyarakat Samin. Oleh karena itu, hendaknya pemerintah setempat lebih memperhatikan kebudayaan masyarakat Samin yang masih dijalankan sampai sekarang dan penelitian ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan untuk masyarakat Blora dan masyarakat umum tentang perkawinan pada masyarakat Samin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem perkawinan, masyarakat Samin, ungkapan tradisional dan budaya
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2012 06:55
Last Modified: 13 Aug 2012 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item