Pembelajaran Angklung dengan Menggunakan Metode Belajar Sambil Bermain di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kota Tegal
Diah Rizky Kartika Putri, 2503408067 (2012) Pembelajaran Angklung dengan Menggunakan Metode Belajar Sambil Bermain di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pembelajaran Angklung dengan Menggunakan Metode Belajar Sambil Bermain di Taman Kanak – Kanak Negeri Pembina Kota Tegal)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran angklung untuk anak usia dini di TK Negeri Pembina Kota Tegal. Pembelajaran angklung merupakan hal baru untuk anak usia dini. Oleh karena itu, guru harus memberikan metode pembelajaran yang menarik dan mempermudah anak dalam belajar alat musik tradisional angklung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui strategi pembelajaran angklung dengan menggunakan metode belajar sambil bermain di TK Negeri Pembina Kota Tegal, dan (2) mengetahui kemudahan dan kerugian anak dalam mengikuti pembelajaran angklung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan masalah yang dikaji.Kemudian teknik pemeriksaan untuk mencapai keabsahan menggunakan triangulasi data, pengamat, teori, dan metode.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obesrvasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data-data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif, kemudian mereduksi data,penyajian data, dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunujukkan bahwa penerapan pembelajaran angklung dengan menggunakan metode belajar sambil bermain adalah strategi yang efektif untuk menarik minat anak usia dini. Penerapan media not berwana menjadi sebuah hal yang menyenangkan ketika anak belajar angklung. Kemudahan dalam pembelajaran angklung dengan menggunakan metode belajar sambil bermain untuk anak adalah anak merasa nyaman dengan suasana belajar angklung yang disulap seperti arena bermain karena, guru menggunakan media not berwarna dalam memainkan lagu dengan menggunakan angklung. Tidak ada kerugian dalam penggunaan metode belajar sambil bermain, karena pada dasarnya metode belajar sambil bermain diciptakan untuk mempermudah pembelajaran angklung bagi anak. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini yaitu sebaiknya metode belajar sambil bermain juga diterapkan pada bidang seni yang lain seperti seni lukis dan drumband. Dalam menentukan warna untuk not berwarna, sebaiknya guru memberikan warna primer seperti merah biru kuning. Simbol dalam not berwarna sebaiknya bervariasi bentuknya, bukan hanya lingkaran tetapi guru dapat mendesain
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Alat Musik Angklung, Metode Belajar Sambil Bermain. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 13 Aug 2012 03:17 |
Last Modified: | 13 Aug 2012 03:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13840 |
Actions (login required)
View Item |