Korelasi Antara Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang


Ana Rifqi Jamil, 2302407057 (2012) Korelasi Antara Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi Antara Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang] Microsoft Word (Korelasi Antara Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menulis Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Bahasa dapat disampaikan dengan dua cara, yakni secara lisan dan tulisan. Jika dibandingkan, tulisan lebih sulit untuk dipahami, karena dalam tulisan antara penulis maupun pembaca tulisan harus menguasai aspek-aspek kebahasaan seperti huruf, kosakata, partikel, gramatikal, penyampaian maupun pemahaman isi dari tulisan tersebut dengan tepat. Oleh karena itu, diperkirakan terdapat korelasi antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang memaparkan hubungan antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang angkatan 2009. Sampel diambil dengan teknik quota random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengambil data berupa kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus alpha. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment adalah 0,74 yang lebih besar dari pada nilai r kritik Product Moment yaitu 0,396 pada taraf kepercayaan 95% dan 0,505 pada taraf kepercayaan 99%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang angkatan 2009

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Membaca, Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2012 03:06
Last Modified: 13 Aug 2012 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13838

Actions (login required)

View Item View Item